Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Kursus Membuat Patung dari Gabus

Kursus Clay

Kursus Fiberglass

Kursus Membatik, Lukisan Kain Perca & Glass Painting

Kursus Softener - Pelembut Pakaian, Handsoap & Sabun Cuci Piring

Kursus Sablon & Multimedia

Kursus Digital Music Production

Kursus Kue Kering

Kursus Membatik di LPLK Tristar

Cara Produksi Chicken Nugget

Toko Mesin Tristar Harga Promosi

Kursus Digital Music Production, Audio Recording, Mixing & Mastering

KURSUS BEBEK PEKING

Pelatihan Wira Usaha Tristar

Kursus Industri Sosis & Mesin Industri Sosis

Kursus Pelapisan Logam

Belajar Melukis Di Kaos/Painting on TShirt

Belajar melukis di Gelas & Ceramic/ Ceramic & Glass Painting

WISATA KULINER TRISTAR

KURSUS KULINER TRISTAR

TRISTAR MACHINERY

KURSUS HOME INDUSTRY & HANDICRAFT TRISTAR

TRISTAR FOOD INGGRIDIENT

Peluang Usaha Bakso

Peluang Bisnis Ice Cream

Peluang Bisnis Keripik Buah

Peluang Bisnis Electroplating

Peluang Bisnis Handicraft & Souvenir

Pelatihan Wira Usaha Tristar

MESIN PRODUKSI MIE

KURSUS KULINER TRISTAR

Program Kursus Kuliner di Tristar.

TRISTAR MACHINERY

Kursus Home Industry & Handicraft Tistar

Kursus Tristar di Royal Plaza Surabaya

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

PELUANG USAHA JAJANAN TRENDY

Kursus Wira Usaha

Kursus Membatik, Lukisan Kain Perca, Melukis di media Kain, Telur, Kayu, Gelas, dll

MESIN PERTANIAN TRISTAR


Pages

Cara Membuat Pelembut Pakaian

Cara Membuat Shampoo Mobil & Motor


Tristar Machinery TEC - Pusat Pelatihan Wira Usaha.
Telp: 031-52403038-39. Fax; 031-52403039. HP: 082330853729. Flexi: 031 - 77213905.
Tunjungan Electronic Centre Lantai 3 no. 41-42. Jalan Tunjungan no 5-7. Surabaya.


Rabu, 17 Agustus 2011

Solusi Pertanian di Lahan Sempit - Teknologi Vertikultur

Budidaya Tanaman Secara Vertikultur

Vertikultur diambil dari istilah verticulture dalam bahasa lnggris (vertical dan culture) artinya sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Dengan sistem vertikal bisa untuk 20 batang tanaman.Banyak sedikitnya tanaman yang akan kita budidayakan bergantung pada model wadah yang kita gunakan. Untuk tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari, seperti cabai, tomat, terong, dan sawi hendaknya diletakkan di posisi bagian atas. Sedangkan tanaman ginseng, kangkung, dan seledri bisa di bagian tengah atau bawah. Sistem vertikultur ini sangat cocok diterapkan bagi petani atau perorangan yang mempunyai lahan sempit, namun ingin menanam tanaman sebanyak-banyaknya. Selain tanaman sayuran, kita bisa juga menanam tanaman hias.
Untuk memulai budidaya tanaman secara vertikultur sebenarnya tidak perlu direpotkan dengan peralatan dan bahan yang akan menghabiskan biaya yang besar, yang penting wadah yang dipakai dapat menyediakan ruang tumbuh yang baik bagi tanaman. Namun terkadang kita ingin hasilnya nanti tidak hanya berupa panen tapi juga keindahan tanaman yang ditanam secara vertikultur dan struktur bangunan/wadah tanam tahan lama.
Bagi anda yang berminat mengikuti pelatihan di TRISTAR POLITEKNIK
hubungi :
Telp.(031) 8438913, 8415016,
Flexi. (031) 81639991, 81959295
HP. 085733691548
Jl. Raya Jemursari 240A,244, Surabaya.






Pelatihan Pertanian Organik sistem Vertikultur - Verticulture.
Info: 085733691548
Solusi Pertanian Sayur Organik di Lahan Sempit.
Menghemat Lahan hingga 400%, karena ditanam secara bertingkat di pipa.
Diajarkan sitem drainase di pipa.
Cara Pembuatan Media Tanam.
Cara Membuat Pupuk Cair Organik.
Cara Membuat Pupuk Pro Biotik.

Politeknik Tristar.
Flexi: 81959295-96. 81639991
Hp; 085733691548
031-8480823.
Fax 031- 8432050.
Jln. Raya Jemursari 240A & 244
Surabaya - Indonesia.




Pelatihan Pertanian Vertikultur.

Vertikultur dapat diartikan sebagai teknik budidaya tanaman secara vertikal sehingga penanaman dilakukan secara bertingkat. Teknik budidaya ini tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan pada rumah yang tidak memiliki halaman sekalipun. Pemanfaatan teknik vertikultur ini memungkinkan untuk berkebun dengan memanfaatkan tempat secara efisien. Secara estetika, taman vertikultur berguna sebagai penutup pemandangan yang tidak menyenangkan atau sebagai latar belakang yang menyuguhkan pemandangan yang indah dengan berbagai warna. Dalam perkembangan selanjutnya, teknik vertikultur juga dimanfaatkan untuk bercocok tanam di pekarangan yang sempit bahkan tidak memiliki pekarangan sedikit pun.Bercocok tanam secara vertikultur sebenarnya tidak berbeda dengan bercocok tanam di kebun maupun di ladang. Mungkin sekilas bercocok tanam secara vertikultur terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat sederhana. Tingkat kesulitannya tergantung dari model yang digunakan. Model yang sederhana, mudah diikuti dan dipraktekan. Bahkan bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan, sehingga dapat diterapkan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Tujuan:
Memanfaatkan lahan sempit yang tidak produktif menjadi lahan sempit yang produktif dengan aplikasi vertikultur.
Menghemat pengeluaran dengan cara memiliki tanaman sayuran sendiri.
Menambah nilai estetika lahan pekarangan.



Pelatihan Teknik Vertikultur
Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik budidaya tanaman secara vertikultur kepada masyarakat serta kegunaan pembudidayaan tanaman secara vertikultur itu sendiri. Dalam kegiatan ini disediakan modul untuk peserta kursus agar pemahaman peserta tentang teknik budidaya tanaman secara vertikultur semakin bertambah.

- Praktek Teknik Budidaya Secara Vertikultur
Kegiatan praktek teknik budidaya tanaman secara vertikultur dilakukan di petani yang sudah berhasil mengembangkan budidaya tanaman secara verticulture. Di dalam kegiatan tersebut, peserta akan diberitahukan mengenai cara pembudidayaan tanaman secara vertikultur, dimulai dari pembuatan model vertikultur, jenis tanaman yang dapat ditanam secara vertikultur, pembuatan media tanam, pembuatan pupuk cair organik dan cara perawatan tanaman tersebut.

Pembuatan model vertikultur.
Model vertikultur yang digunakan dalam pelatihan ini adalah model sederhana. Dengan berbagai pertimbangan yaitu, model sederhana mudah dilakukan dan cocok digunakan untuk menambah semarak pekarangan. Dan juga, model sederhana cocok digunakan atau dipraktekan oleh pemula. Jenis tanaman yang akan digunakan dalam praktik budidaya secara vertikultur ini adalah jenis tanaman sayur seperti sledri, bawang pre, selada, sawi, bawang merah, kangkung, bayam merah, kol bunga, cabe, tomat, melon dan tanaman rimpang-rimpangan sebagai apotek hidup (jahe, kunyit, kencur, laos).

- Pemilihan dan Penanaman Tanaman

Teknik budidaya secara vertikultur tidak bisa ditanami oleh semua jenis tanaman. Hanya tanaman-tanaman tertentu saja yang bisa ditanam di sana. Ciri-ciri tanaman yang bisa ditanam secara vertikultur adalah memiliki akar serabut (perakaran rendah) dan tajuk tidak begitu lebar. Tanaman yang dapat ditanam secara vertikultur adalah sejenis tanaman sayuran dan tanaman rimpang-rimpangan.

Perawatan
Perawatan tanaman ini bertujuan agar warga mengetahui dan memahami cara perawatan tanaman itu sendiri, dimulai dari penyiraman sampai penanganan hama dan penyakit yang menyerang. Dengan begitu, peserta diharapkan dapat memaksimalkan produksi tanaman.

Pengawasan
Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendampingi para peserta pelatihan untuk membahas permasalahan dan hambatan yang dihadapi selama pembudidayaan tanaman secara vertikultur. Melalui kegiatan ini diharapkan masalah yang dihadapi peserta terkait dengan pelatihan dapat dicari solusinya agar tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.


Hasil yang Didapat
Lahan kurang produktif, akan menjadi lebih produktif karena aplikasi teknik vertikultur.
Kebutuhan rumah tangga dapat dihemat karena berkurangnya pengeluaran akibat kebutuhan akan sayur yang sekarang dapat diambil dari hasil kebun sayur sendiri.
Aplikasi verikultur meningkatkan nilai estetika karena model yang ada sangat bervariasi dan bernilai seni tinggi dari bentuk yang paling sederhana, sampai bentuk yang rumit sekalipun.


Kursus Wira Usaha di Tristar Politeknik
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.
Surabaya - Indonesia.
Telp: 031 8499799 - 8480823
Flexi: 031- 81639991 - 77213905 - 81959295.
Hp: 085733691548.
Fax.(031) 8432050


KURSUS HOME INDUSTRI DG ANEKA MACAM KETERAMPILAN
COCOK UNTUK PERSIAPAN BUKA USAHA.

Pelatihan Cara Membuat Bata Ringan

Pelatihan Teknisi HP

Kursus Kerajinan Tangan Hantaran

Pelatihan Membuat Kue Tart dari Gabus & Hiasan nya dengan Teknik Air Brush

Pelatihan Cara Membuat Kecap Manis & Kecap Asin. Diajarkan mulai dari fermentasi singkat & fermentasi 1 bulan. Kecap sintetis dari air kelapa & air nira.

Pelatihan Jamu Gendong Beras Kencur, Sinom. Temulawak Dan Kunci sirih Untuk kesehatan. Materi: cara membuat jamu gendong, formulasi jamu gendong, sterilisasi wadah kemasan botol dan pengetahuan bahan baku. Demo pembuatan jamu gendong.

Pelatihan Pasta Gigi Herbal dan Sabun Sirih. Materi: cara membuat ekstrak daun sirih dengan metode maserasi, pengetahuan bahan baku dan formulasi pasta gigi dan formulasi sabun sirih. Demo pembuatan pasta herbal dan sabun sirih secara sederhana.

Pelatihan Produksi Nata de Coco dan Nata de Pina
Minuman Nata de Coco diajarkan cara membuat starter. Diajarkan proses pengawetan dan pengemasan.

Pelatihan budidaya lebah madu (afis mellifera).
Materi: cara mengembala lebah yg efektip, cara membuat kandang, cara memperbanyak dan memindah koloni lebah, cara memanen madu secara optimal, cara pembuatan royal jelly, dan bee pollen, cara memeras madu yang benar, demo pembuatan sabun madu, transportasi AC, hotel, makan, snack, coffee break selama pelatihan, madu, sabun madu untuk dibawa pulang, setifikat dan buku kenangan. info; 031-8499799.  77213905 - 81959295. Raya Jemursari 244. Surabaya.

Pelatihan Cara Memproduksi Bata Ringan.

Pelatihan Budidaya Walet Jinak.

Pelatihan Cara Produksi Minyak Goreng Sehat Berbasis Kelapa.
Teknik mengolah Minyak Goreng dengan System  Fermentasi, akan menghasilkan
minyak goreng yang sangat jernih, bening,  lebih sehat, harum &
gurih.
Membuat Camilan/Snack Aneka Rasa dari Limbah Minyak Goreng.
Demo mesin produksi minyak goreng sekala rumah tangga yang hemat energi.


Pelatihan pembuatan Ekstrak kunir Putih + Temulawak + Minuman Kesehatan
Materi: diajarkan teknik ekstraksi maserasi dan destilasi.

Pelatihan Cara Produksi Cuka Apel : Pembuatan cuka dan buah – buahan (apel, nanas, anggur, dll), sehingga mempunyai cita rasa yang khas untuk salad, acar, dan kesehatan.

Pelatihan Cream Massage Herbal Dari Ekstrak Cabe Rawit Dan Ekstrak Jahe.
Materi: Diajarkan cara pembuatan ekstrsk cabe rawit dan ekstrak jahe dengan metode maserasi dan destilasi, pengetahuan bahn baku dan formulasi cream massage herbal. Demo pembuatan cream massage.

Pelatihan Cara Membuat Ethanol sterno.
Materi: Pengetahuan bahan baku, cara membuat sterno padat, sterno gel,
teknik pencampuran bahan bakar menjadi sterno, Aplikasi untuk penghangat
masakan, bahan bakar ekonomis dan praktis cocok untuk camping.


Kursus Sablon Digital / Cetak Digital pada kain.
Diajarkan cara mendigitalising gambar melalui perangkat lunak (softwre
design), printing design sampai pengepresan gambar ke media kaos TC,
Flagchange dan media kain lainnya yang memenuhi standart cetak digital.

Pelatihan Cara Memproduksi Thinner.
Materi: Diajarkan pengetahuan bahan penyusun Thinner A, Thinner A Special, Thinner B, Thinner B Special Formula thinner supaya cepat kering tetapi gloss tidak hilang. Formula thinner untuk pengecatan saat musim hujan dan sebagainya.

Aneka Sabun Mandi Padat. Sabun Zaitun, Sabun Susu, Sabun Madu.
Diajarkan mulai proses dasar (NaOH + Coconut Oil). Sabun Transparan (Diajarkan dari bahan chipsoap), Sabun Aromatherapy.


Pelatihan cara produksi Lem Kuning & Lem Bening  PVC.
Pengetahuan
bahan: formula lem KW 1 & KW 2, cara blending, packing, aplikasi
lem kuning dan lem PVC. Pengetahuan rancang bangun pabrik lem.


Sablon Manual pada kertas, kaos, dan kain pakai tinta sablon biasa dan tinta
sablon timbul. Diajarkan mulai afdruk film, (negative film) dengan
teknik saput khusus.



Kursus membuat Sabun Bubuk Ekonomis, Supermatic Rendah Busa Untuk Mesin Cuci,
Liquid Detergent ( Sabun Cair untuk mesin cuci ) & Softener
(Pelembut Pakaian).


Aneka keripik : Keripik Pisang & Keripik Ketela. Keripik Singkong rasa : Balado, BBQ, Keju.

  
Aneka Minuman Dalam Kemasan: Sari Apel, Minuman Rasa Jeruk, Teh Dalam Cup Plastik, Jelly Cup, Pudding Jelly Konyaku & Jelly Drink.

 
Cara Pengolahan Limbah Cair Industri.
Diajarkan metode pengendapan, penanganan secara Chemical & Biologi.
Peserta boleh membawa contoh limbah untuk konsultasi.

Kursus membuat Sunblock (Krim wajah pelindung matahari) bisa untuk alas bedak, Day Cream, Peeling Cream.


PELATIHAN USAHA BUDI DAYA JAMUR TIRAM.
Diajarkan
Rekayasa habitat Jamur untuk daerah panas/dataran rendah,  cara
pembuatan bibit, cara menanam bibit di baglog, praktek pembuatan baglog
dengan cara sederhana (work shop), Kunjungan ke Petani Jamur. Demo Masak
olahan Jamur Tiram.
Fasilitas : Transport ber AC, Makalah, Snack, Makan Siang, Baglog Jamur, Keripik Jamur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar